Selasa, 28 Desember 2010

Mengenal Komputer



Mengenal Komputer Lebih Dekat Teknologi komputer memberikan pengaruh yang signifikan bagi perkembangan dunia komunikasi. Terlebih lagi, dewasa ini berbagai jenis teknologi telah bermunculan dengan perkembangan performa yang lebih canggih, namun juga dengan harga yang lebih murah. Salah satu wujud teknologi ini disebut dengan microcomputer atau yang lebih dikenal dengan Personal Computer (PC). Untuk memahami peran dan kegunaan PC, maka perlu terlebih dahulu mengenal bagian-bagian dari PC dan fungsinya:

HARDWARE :
1.    Memory
Memori Merupakan sistem penyimpanan internal dan ruang kerja. Memori yang paling penting adalah Random Access Memory (RAM), yang merupakan tempat penyimpanan sementara. Saat komputer dimatikan, segala program yamg telah dikerjakan, bersih dari memori dan tidak dapat dipanggil kembali (recall), kecuali bila disimpan dalam sistem penyimpanan permanen. PC kontemporer biasanya menggunakan RAM 512 atau lebih megabytes.
2.    Central Processing Unit (CPU)
Merupakan otak dari komputer. CPU menentukan software apa yang bisa dijalankan oleh komputer dan berpengaruh pada kecepatan komputer dalam memproses data.
3.    Expansion Boards.
Beberapa komputer didesain dengan slot (celah) internal yang bisa dimasukkan papan atau kartu tambahan. Kartu-kartu ini memiliki fungsi tambahan untuk menjadi suplemen atau komplemen bagi kemampuan dasar komputer.
4.    Data Storage
Cara penyimpanan data sebelum komputer dimatikan terdiri dari berbagai cara yang berbeda, antara lain bisa menggunakan: floppyhard, dan removable disk driveFloppy disk adalah yang pertama kali sering digunakan. Hard drive adalah sistem penyimpanan data yang paling populer dan sering digunakan. Ia bisa menyimpan gigabytes data dan memanggil kembali data dalam waktu yang cepat. Removable cartridgesmirip dengan floppy disk. Bedanya adalah jumlah data yang dapat disimpan jauh lebih besar dan waktu yang dibutuhkan untuk penyimpanan dan pemanggilan-kembali lebih cepat.
5.    Monitor.
Merupakan komponen untuk tampilan komputer. Standar yang digunakan dalam dunia PC berbeda-beda. Kunci perkembangan dunia PC adalah dalam kecanggihan teknologi tampilan layar. Ukuran monitor, area penglihatan koresponden, dan resolusi (mempengaruhi ketajaman gambar) komputer semakin meningkat. Standar dalam industri saat ini adalah sistem dengan 24-bit. Maksudnya adalah tiap warna primer (RGB – Merah, Hijau, Biru) membawa 8 bit informasi. Sistem dengan 24-bit ini dapat mengakses jutaan warna. Secara visual, gambar akan tampak lebih jelas dan jernih. Ada kontroversi yang mengiringi penggunaan monitor CRT tradisional, karena alasan kesehatan. Namun hal ini masih diperdebatkan karena data kurang lengkap. Untuk mencegah, konsumen dapat menggunakan layar tampilan non-emisi. Contohnya adalah layar LCD, yang lebih ringan, lebih kecil, namun memiliki area penglihatan yang lebih besar.

SOFTWARE :
1.     Operating System dan Graphical User Interfaces. Operating system adalah bagian terpenting dalam software komputer. Ia memegang fungsi manajemen. Contoh: MS-DOS (untuk teks) dan GUI (untuk grafik). Fasilitas yang ada untuk operasi sistem (GUI misalnya): alat penunjuk (mouse), menu pada layar, windows (jendela) yang menampilkan secara grafis mengenai apa yang sedang dikerjakan komputer, icon yang merepresentasikan file, direktori, kotak dialog, tombol, dsb yang membantu pengguna menentukan apa yang harus dilakukan komputer.Kerja window bisa lebih dari satu. Window bisa dipindahkan dan diubah ukurannya.
2.     Database dan Spreadsheet Programs. Program database membantu pengguna dalam pengorganisasian file-file yang disimpan dalam memori permanen. Sekali disimpan, informasi dapat diorganisir dan dimanipulasi. Database juga dapat mengakomodasi grafik, informasi visual dan tekstual.Program spreadsheet berfungsi sebagai alat pengorganisasian finansial. Data dimasukkan ke dalam tabel, ditabulasi, dan dimanipulasi melalui berbagai rumusan matematika dan finansial yang sudah diprogram dalam komputer. Program ini juga dapat menampilkan grafik.
3.     Word Processing Programs. Program ini dapat digunakan untuk menulis surat, cerita, berita, dsb. Pengguna bisa menciptakan tabel, memanipulasi teks, membuat grafik, file spreadsheet, dsb. Sekali disimpan, informasi dapat dipanggil kembali oleh komputer dan program lain. Namun, teks yang digaris bawah atau dicetak miring, dan berbagai format lainnya hilang.
4.     Web Browser. Dengan web browser, pengguna komputer dapat bereksplorasi dan berinteraksi dengan informasi elektronik dan komunikasi universal.
5.     Programming Languages. Program aplikasi dibuat melalui program bahasa ini. Berfungsi sebagai kontrol bahasa. Program ini menyediakan komputer dengan berbagai instruksi untuk menampilkan berbagai operasi. Contoh: Visual Basic, Ada, Java, Pascal, COBOL, C++.Augusta Ada Byron disebut sebagai orang pertama yang menciptakan pemrograman bahasa ini.
6.     Graphic Programs. Digunakan untuk menciptakan logo, membuat prediksi, dsb. Sebuah program biasanya dapat mensuport lebih dari satu fungsi.
7.     Paint Programs. Program ini membaca dan memanipulasi pixel individual di layar. Pixel dapat berupa warna tertentu dan bisa dikontrol untuk menampilkan efek yang beragam. Paint program menciptakan grafik bitmap. Bitmap adalah kemampuan komputer untuk memanipulasi pixel individual yang dapat dijadikan grafik. Angka bits mewakili nilai masing-masing pixel. Nilai-nilai tersebut akan diolah dan menciptakan suatu grafik. Pengguna dapat memilih jenis atau bentuk brush (kuas) dan mengontrol palet warna.
8.     Image Editing Programs. Fungsi utamanya adalah sebagai editor gambar atau electronic darkroom. Gambar dapat dimanipulasi, termasuk edit warna, alat koreksi, modul lukis, dan kemungkinan penggunaan scanner. Dengan adanya scanner, foto atau gambar tetap lainnya dapat didigitasi. Dan setelah masuk ke dalam komputer juga dapat dimanipulasi.
9.     Drawing Programs. Tidak dapat membaca pixel yang individual. Program ini menciptakan suatu grafik dari rangkaian bentuk atau objek geometris yang individual yang dapat dimanipulasi dan dipindahkan ke lokasi layar lain. Disimpan secara matematis, bukan sebagai bitmap.
10.  Computer-Aided Design Programs. Program CAD serupa dengan drawing program dalam hal memanipulasi bentuk geometris. Tapi program ini memiliki tambahan yang membuatnya lebih canggih dalam desain arsitektur dan industri. Ada bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Program ini juga memiliki fitur animasi.
11.  Animation dan 3-Dimensional Programs. Rangkaian gambar yang apabila dilihat secara berkesinambungan akan menciptakan suatu gerak tertentu (movement). Program ini juga dapat mempercepat atau memperlambat gerakan animasi untuk transisi atau perubahan yang lebih halus dan untuk meningkatkan tampilan gambar yang lebih nyata. Gambar yang diciptakan dalam bentuk 3 dimensi dapat menambah kedalaman realisasi. Program dapat mengakomodasi 24 bit gambar dan pengguna dapat mengontrol sumber cahaya dan parameter kamera.
12.  Presentation Programs. Program ini dapat menciptakan chart-chart, grafik, dan slide elektronik. Ketika pengguna mengaktifkan tombol di layar, maka suatu aksi akan dilakukan sesuai perintah tombol itu.
13.  Visualization Programs. Program ini dapat mensimulasi atau membentuk model 3 dimensi dari suatu fenomena alam dalam tampilan grafik yang canggih.
14.  Implications. Implikasi dari penggunaan komputer dikaitkan dengan kreativitas dan sistem komputer antara lain adalah dalam hal transformasi suatu ide atau visi ke dalam bentuk realitas, produk nyata. Ini adalah perkawinan antara konsep dan konkret. PC berguna sebagai alat. Di luar dari kemampuan artistik pengguna komputer, paling tidak ia harus mempunyai prinsip estetika.

THE MICROCOMPUTER
Microcomputer yang original pertama kali muncul tahun 1981 oleh IBM. Faktor yang mempengaruhi perkembangan industri ini, antara lain:
a.     Produksi dari model lain yang lebih canggih
b.     Software yang sangat handal yang mampu mengisi berbagai kebutuhan
c.      PC dengan biaya yang murah dibandingkan sistem lainnya
d.     Harga PC yang semakin menurun, padahal semakin canggih Portable Personal ComputersModel ini adalah komputer note book yang dioperasikan dengan menggunakan baterai. Difasilitasi dengan tampilan warna berkualitas tinggi, modem internal, network connections, kemampuan suara yang bisa ditambahkan, CD-ROM. Komputer ini berukuran lebih kecil, lebih ringan, namun demikian kemampuannya semakin meningkat. Semakin lama, ukuran komputer ini semakin kecil. Human-Computer InterfaceIni adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi dan mengontrol komputer tersebut. Contoh: keyboard, mouse, touch pad. Keyboard digunakan untuk kontrol dan operasi software. Pengguna dapat mengetik perintah agar dilaksanakan oleh komputer.Mouse berukuran kecil yang digunakan sebagai penunjuk (dengan tampilan kursor di layar) dan untuk meng-klik perintah yang diinginkan.Drawing pad sejenis dengan electronic pen. Pengguna dapat menggoreskan alat tersebut di layar.Touch pad mirip dengan mouse. Merupakan area sensitif. Touch screen, yaitu pengguna berinteraksi langsung dengan layar monitor. Ini meminimalisir penggunaan alat tambahan.Portable computers dalam generasi baru dapat mengenali tulisan tangan manusia dan tanda-tanda khusus yang digunakan untuk editing.Ada pula Personal Digital Assistants (PDA), yang populer sekitar tahun 2000an. Menggunakan layar berwarna yang sangat kecil, keyboard, dan bahkan dengan kamera video. Bisa digunakan untuk mengirimkan e-mail dan dihubungkan dengan internet (wireless networking). PDA terkadang digabungkan dengan telepon genggam.Kelelahan mata karena penggunaan komputer dapat disiasati dengan penempatan intensitas cahaya. Desain suara, posisi duduk, istirahat tiap beberapa jam, membantu mencegah efek negatif yang dapat ditimbulkan dari penggunaaan komputer. 

PRINTERS DAN LOCAL AREA NETWORKS (LAN)
PrinterAlat ini memproduksi informasi yang dicetak di atas kertas atau dalam bentuk hardcopy.Ada beberapa kategori printer:
·           Laser Printer à Menggunakan laser. Hasil gambar atau tulisan seperti partikel warna mesin fotokopi
·           Ink-jet Printer à Menggunakan tinta. Lebih murah dan dapat mengeluarkan warna selain hitam.
·           Dot-matrix Printer à Pilihan favorit. Alfanumerik dan grafik dicetak melalui matrix dalam bentuk titik-titik berspasi.
·           Plotter à Menggunakan rangkaian pena untuk menciptakan cetakan arsitektural dan teknikal.

Local Area Networks (LAN)
Merupakan sistem informasi dan komunikasi yang dapat menyatukan kelompok kantor, gedung, dsb. Ia dapat menghubungkan PC, sehingga dapat berbagi perlengkapan dan bertukar informasi. Komputer sentral biasanya terhubung dengan terminal. Terminal adalah sebuah keyboard atau monitor. Keunggulan LAN adalah semua PC dapat berjalan sendiri (independent). Jadi jika komputer utama mati, yang lain masih dapat beroperasi. WAN sejenis dengan LAN namun memiliki area geografis yang lebih luas. OperationKarena berbagai PC terhubung lewat LAN, data yang diberi dan diminta perlu diorganisir secara baik untuk memfasilitasi jalannya informasi (information flow). Bagian penting dari ini semua adalah server, yaitu komputer yang membantu mengatur dan mengontrol jalannya informasi ini. Ia juga menyimpan program dan data file. Dalam tipe operasi seperti ini, untuk bisa terhubung, pengguna harus log on (dengan mencantumkan password) dan kemudian bila sudah selesai harus log off.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar