Selasa, 28 Desember 2010

Pragaf Induktif dan Deduktif


Contoh Paragraf Induktif
Akhir-akhir ini ongkos transportasi naik. Barang-barang kebutuhan pokokpun berubah harganya. Perusahaan banyak yang gulung tikar dan mem-PHK buruhnya. Pengangguran merajalela di mana-mana. Hal itu terjadi setelah pemerintah menaikkan harga BBM yang melampaui batas.

Dalam Paragraf Induktif, kalimat utama paragraf terletak di akhir paragraf. Kalimat-kalimat penjelasnya ditulis sebelum kalimat utama. Paragraf Induktif berpola dari khusus ke umum.


Paragraf Deduktif
Kritik terhadap IMF sebenarnya bukan hal baru. Beberapa ekonom, termasuk pemenang hadiah nobel, sebelumnya telah menyuarakan kritik secara lantang. Ekonom lokal juga tidak kalah lantangnya dalam menyuarakan hal serupa.

Keramik hias telah dikenal masyarakat brebes sebagai salah satu produk khas Kab. Brebes. Produk keramik yang ada saat ini dinilai mampu bersaing dengan keramik dari daerah-daerah lain. Hal itu terutama dilihat dari kualitas olahan, motif, bentuk, warna, dan harganya.

Dalam Paragraf Deduktif, kalimat utama paragraf terletak di awal paragraf. Kalimat-kalimat penjelasnya ditulis setelah kalimat utama. Paragraf Induktif berpola dari umum ke khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar